Kamis, 17 Februari 2011


Mengenang Proses Kamaba Psikologi UI 2010 Grup 18 Max Wertheimer tentang Sosial Project


Latar Belakang


Anak-anak adalah seseorang yang berusia dibawah 18 tahun (UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak). Masa anak-anak sendiri dibagi menjadi lima tahap, yakni masa prenatal, masa bayi tertatih, masa kanak-kanak pertama, dan masa kanak-kanak kedua, dan masa remaja (Papalia dan Old, 1987). Dimana dimasa tersebut pertumbuhan dan perkembangan yang seimbang menjadi sangat penting. Disini disadari pentingnya pengaplikasian keseimbangan anatara kemampuan intelejensi (kognitif), bakat, interest, etiket, nilai, perkembangan apresiasi dan penyesuaian diri (afektif), dan kemampuan motorik (psikomotor) dalam Teori Taksonomi Bloom. Di masa tersebut seorang anak selain medapatkan pendidikan formal, juga harus menyeimbangakan emosi. Salah satu langkahnya adalah dengan bermain.

Dengan bermain, seorang anak dapat mengembangkan ketiga aspek yakni kognitif, afektif, dan psikomotor dan juga sebagai sarana bagi anak-anak untuk mengenal lingkungannya (Himpsi). Kenangan seorang anak yang buruk, misalnya tidak pernah mendapatkan sarana bermain yang baik dan memadai akan mengalami masalah dalam perkembangan mentalnya. Atau lebih sering disebut Masa Kecil Kurang bahagia, akan berpengaruh untuk masa depannya.

Ditambah lagi, di zaman seperti ini banyak anak-anak yang tidak mendapatkan kebahagiaannya secara utuh. Banyak diantaranya yang harus bekerja, atau telah kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya. Kebahagiaan yang didapat juga terkadang kurang sempurna karena kurang pedulinya orang tua. Banyak juga yang tidak utuh dikarenakan keadaan ekonomi dan sosial.

Hal-hal seperti ini lah yang menjadi latar belakang kami untuk membuat sebuah social project yang diharapkan dapat memberi sedikit kebahagiaan pada objek social project kami yaitu anak-anak yang membutuhkan. Kami sangat berharap dengan adanya social project ini, setidaknya bisa membantu sedikit anak-anak yang kekurangan kebahagiaan pada masa kecil.



Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari social project ini adalah :
1. Memberikan hiburan dan pendidikan kepada anak-anak yang jarang mendapatkan hal-hal seperti ini.
2. Kami ingin dapat memberikan hiburan yang juga diselipkan berbagai pendidikan. Hiburan yang kami akan suguhkan nanti adalah hiburan yang edukatif. Sehingga selain berbagi kebahagiaan juga dapat berbagi ilmu yang bermanfaat.
3. kami juga bertjuan untuk setidaknya mempengaruhi sedikit masa kecil dari anak-anak yang kurang beruntung sehingga bisa membawa manfaat yang baik pada masa depannya kelak.
4. Melalui kedekatan yang dijalin selama acara, kami berharap di akhir acara, kami dapat membantu anak-anak peserta acara ini untuk mencari tahu sendiri solusi dari masalah-masalah yang mereka alami.


Manfaat dari social project ini adalah :
1. Mengembalikan hal-hal yang seharusnya didapatkan oleh anak-anak peserta social project yaitu kasih saying dan kebahagiaaan.
2. Lebih mengenal berbagai kepribadian dan tingkah laku anak-anak yang menjadi pesert asocial project.
3. Memberikan kebahagiaan dan keceriaan pada peserta social project.
4. Lebih mengakrabkan diri antara peserta social project dan civitas akademika fakultas psikologi UI.


Sasaran kegiatan
Anak-anak usia 7-14 tahun di sekitar kawasan UI Depok dengan perekonomian menengah ke bawah.


Nama Acara
Nama acara kami adalah ASIK (Autbound Motivasi Psikologi). Dengan nama ini, kami mengarahkan acara ini dapat menjadi acara yang menyenangkan dan sekaligus memotivasi para sasaran acara ini.

Waktu dan tempat pelaksanaan

Hari tanggal : Senin, 27 September 2010
Tempat : Sekitar Balairung Universitas Indonesia Depok

Susunan acara
Terlampir

Susunan kepanitiaan
Terlampir

Anggaran Dana
Terlampir

Penutup

Demikianlah proposal social project kami. Harapan kami proposal ini dapat direalisasikan dan pada akhirnya dapat menjadi sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi panitia maupun sasaran kegiatan. Kami mengharapkan saran dan kritik yang mebangun demi kemajuan kelangsungan acara ini. Atas kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Follow by Email