Kamis, 01 November 2012

Sedikit banyak membahas tentang Metode Observasi dan Wawancara

MOW : PRIMER QUESTION DAN PROBING

oleh : M. FAJRI

Wawancara pertama. Interviewee yang saya wawancarai merupakan teman saya, yang juga mahasiswa Universitas Indonesia bernama Ari dan Wahyu. Tempat wawancara adalah di food court Depok Town Square. Ari dan Wahyu kebetulan sama-sama merupakan seorang perokok berat dan susah menghentikan kebiasaan merokok mereka.Wawancara dilakukan setelah kami bertiga pergi makan dan secara bergantian. Ari merupakan orang pertama yang saya wawancarai dan memakan waktu sekitar 10 menit dan kemudian Wahyu merupakan orang kedua yang memakan waktu wawancara sekitar 8 menit lebih.

Primer Question : Apa yang anda ketahui tentang rokok? Apakah anda pernah merokok? Apakah anda pernah sempat berpikir akan berhenti merokok?Dimana biasanya anda melakukan aktivitas merokok tersebut? Apakah yang anda lakukan ketika anda merokok ternyata ada banyak orang di samping anda? Apa tanggapan anda setelah melihat reaksi orang-orang ketika anda merokok? Tahukah anda adanya peraturan merokok di tempat umum? Apa pendapat anda tentang adanya peraturan tersebut? Bagaimana anda menyikapi peraturan pemerintah daerah tersebut?

Wawancara kedua. Kalimat bold merupakan probing.

Probing 1 : Apa yang anda ketahui tentang rokok? Lalu, bagaimana anda mempersepsi rokok itu sendiri?

Probing 2 : Apakah anda pernah merokok? Berapa batang yang anda habiskan sehari? Jadi, menurut Anda rokok merek X merupakan rokok yang berkualitas dan membuat 
pikiran jadi santai?

Probing 3 : Apakah anda pernah sempat berpikir akan berhenti merokok? Gimana caranya? Apakah berhasil akhirnya?

Probing 4 : Dimana biasanya anda melakukan aktivitas merokok tersebut? Apakah hanya di tempat itu saja? Jadi, anda merokok sembari berkumpul dengan teman-teman anda juga?

Probing 5 : Apakah yang anda lakukan ketika anda merokok ternyata ada banyak orang di samping anda? Kenapa anda menanggapinya sebagai hal yang biasa?

Probing 6 : Apa tanggapan anda setelah melihat reaksi orang-orang ketika anda merokok? Mengapa anda berpikiran demikian? Apa mereka merasa terganggu dengan perilaku merokok anda?

Probing 7 : Tahukah anda adanya peraturan merokok di tempat umum? Lalu, kenapa anda tidak menaatinya? Apakah ada alasan lain?

Probing 8 : Apa pendapat anda tentang adanya peraturan tersebut? Jadi, menurut anda pemerintahnya juga harus bersikap adil terhadap warga negara dan memberikan contoh? (sembari menyontohkan adanya anggota DPR yang merokok di tempat umum).

Probing 9 : Bagaimana anda menyikapi peraturan pemerintah daerah tersebut? Apakah anda tetap tidak akan menaati peraturan tersebut? Bisakah anda menjelaskannya lebih rinci lagi?

Perbedaan antara pengajuan pertanyaan primer dengan pertanyaan primer yang disertai probing yaitu, pertanyaan primer saja hanya dapat menggali informasi yang sedikit dan tidak memuaskan saya sebagai interviewer dalam menggali informasi. Pertanyaan primer yang disertai probing, informasinya jauh lebih kaya dan  mendalam karena setiap pertanyaan primer yang saja ajukan saya sertakan pertanyaan probing lainnya. Konsistensi penjagaan rapport agak susah ketika hanya mengajukan pertanyaan primer karena menyebabkan intervieweenya tidak biasa dan merasa bosan, karena hanya menjawab iya dan tidak.

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Follow by Email